Mengenal Madu Dan Beragam Khasiatnya Untuk Tubuh

22 Khasiat Madu bagi Kesehatan, Salah Satunya Mencegah Kanker - Bola  Liputan6.com

Siapa yang tidak menyukai madu? Madu merupakan salah satu makanan yang memiliki rasa manis dan lezat. Dimana madu atau yang kerap disebut honey merupakan salah satu komponen yang dihasilkan dari aktivitas lebah. Madu merupakan salah satu makanan yang mengandung zat gula yang tinggi. Namun, bukan berarti madu merupakan salah satu bahan makanan yang perlu dihindari karena mengandung gula. Madu sangat baik untuk kesehatan dan merupakan salah satu obat dari beberapa penyakit. Madu biasanya dihasilkan lebah dari aktivitas menghisap madu bunga dan kemudian diletakkan ke dalam sebuah sarang lebah yang akan dipanen oleh manusia.

Madu merupakan salah satu bahan makanan yang unik. Dimana setiap madu yang ada tidak memiliki rasa yang sama. Rasa madu akan berdasarkan kepada bunga apa yang dihisap oleh lebah tersebut. Sehingga terkadang pemberian nama madu berdasarkan atas bunga apa yang dijadikan bahan oleh lebah tersebut untuk menghasilkan madu. Misalnya saja madu kopi yang dihasilkan dari proses pengambilan nektar madu oleh lebah yang kemudian dijadikan zat madu. Nektar sendiri merupakan zat atau cairan dari sebuah bunga yang manis dan mengandung banyak gula. Nektar akan diubah menjadi madu oleh lebah selama prosesnya.

Madu memiliki kandungan gula yang tinggi namun menyehatkan. Dimana kandungan utama madu adalah fruktosa dan glukosa yang dominan. Fruktosa merupakan gula sederhana yang banyak terdapat dalam buah. Glukosa merupakan gula yang sangat kompleks dan biasanya digunakan dalam kehidupan sehari – hari untuk membuat berbagai makanan. Selain glukosa dan fruktosa, madu juga mengandung beragam senyawa gula lainnya seperti maltosa dan juga sukrosa. Karena memiliki kandungan gula yang tinggi, madu memiliki penampakan kental dibandingkan dengan air. Kandungan air madu juga rendah hanya berkisar 17%. Hal inilah yang menjadikan madu memiliki daya simpan yang lama.

Madu sendiri dihasilkan oleh lebah melalui proses pengambilan nektar bunga oleh lebah. Nektar tersebut selanjutnya diubah oleh lebah menjadi madu setelah mengalami proses pengunyahan oleh lebah. Kandungan air dalam nektar akan dihilangkan melalui proses enzimatis dalam tubuh lebah tersebut. Lebah menjadikan madu sebagai makanan mereka. Dimana mereka suka menyimpan madu di sarang mereka untuk cadangan makanan mereka saat mereka dalam kondisi sulit selama pergantian musim. Biasanya hal ini terjadi ketika musim hujan ataupun saat musim dingin berlangsung. Di negara Indonesia sendiri penghasil madu terbanyak ada pada daerah Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, NTB dan NTT.

Madu memiliki banyak khasiat yang baik untuk tubuh. Dimana madu dapat digunakan sebagai beragam obat untuk beragam penyakit. Madu memiliki kandungan gula yang tinggi dimana gula merupakan sumber karbohidrat untuk tubuh. Jadi madu bisa dijadikan sebagai sumber karbohidrat tubuh. Madu dapat digunakan sebagai produk kecantikan untuk melembabkan tubuh. Hal ini didukung dengan kandungan antioksidan dalam madu yang baik untuk kesehatan jaringan kulit manusia. Madu juga kaya akan vitamin serta mineral. Dimana kedua hal tersebut menjadikan madu sebagai salah satu bahan yang digunakan untuk mencegah obesitas dan mampu memperbaiki sistem pencernaan dalam tubuh.

Madu memiliki beragam kandungan baik yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Secangkir teh yang ditambahkan madu dapat membantu kelancaran pencernaan dan juga menghangatkan tubuh. Bahkan madu juga dijadikan sebagai kandungan beberapa obat herbal. Sebab itu, konsumsi madu sangat disarankan untuk kebaikan kesehatan anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *